Komisi II DPRD Babel Studi Referensi ke Dinas Perikanan dan Kelautan Indramayu

INDRAMAYU, babelaktual.com –  Guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah ( PAD ) Bangka Belitung melalui retribusi dan pengelolaan tempat pelelangan ikan, Komisi II DPRD Bangka Belitung bersama OPD terkait lakukan studi referensi ke Dinas Perikanan dan Kelautan Indramayu.

Personil Komisi II DPRD Babel yang tergabung pada kegiatan ini diantaranya : Agung Setiawan, Ranto Sendhu, Jawarno, Edy Junaidi Foe dan Nata Sumitra.

“Kami belajar kesini dikarenakan Indramayu merupakan daerah dengan potensi terbesar di Jawa Barat untuk perikanan tangkap. Serta dikelola oleh koperasi yang menjadi rujukan Kementerian Kelautan dan Perikanan,” ujar Ranto mengawali kunjungan pada Rabu (08/02/23).

Bacaan Lainnya

Politisi Demokrat ini menuturkan, keinginan Babel bisa mengadopsi sistem pengelolaan yang ada di Indramayu ini. Karena itu, diharapkan segera mungkin bisa membenahi koperasi yang ada, sarpras memadai di TPI juga menyiapkan regulasi hukum terkait retribusi.

“Kami yakin dengan sinergi pihak terkait dan aturan Perda yang jelas, melalui TPI yang dikelola oleh Koperasi dapat meningkatkan PAD Bangka Belitung seperti di Indramayu,” ungkapnya.

Studi referensi lanjutan yang dilaksanakan oleh Komisi II DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), yakni sistem pengelolaan oleh koperasi daerah. Didampingi Kepala Bidang Diskanla Indramayu, Tahta sambangi KPL Mina Sumitra yang menjadi rujukan.

Kepala Diskanla, Edi yang menerima langsung kunjungan ini menjelaskan, di tahun 2022 PAD dari sektor pertanian dan kelautan merupakan salah satu penyumbang PAD Kabupaten Indramayu senilai 12M.

“Iya, pada tahun 2022 penyumbang PAD paling tinggi dari sektor Pertanian dan Kelautan,” jelas Edi.

Komisi II DPRD Babel memberikan apresiasi luar biasa kepada Indramayu, yang dapat melakukan pembinaan kepada nelayan sehingga tidak tergoda untuk menjual perikanan hasil tangkap kepada daerah lain, sehingga dapat bersama dan bersinergi dengan pemerintah setempat memajukan Indramayu melalui pengelolaan Koperasi daerah.

Ikut serta mendampingi Komisi II diantaranya Kepala Dinas Koperasi dan UKM Babel, Dinas Kelautan dan Perikanan Babel, Bakuda Babel dan Biro Pemerintahan Setda Babel.

Sumber : Publikasi DPRD Babel

Editor : Dion

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *