Manfaatkan Lahan Kritis Untuk Budidaya Bahan Baku UMKM, Ini Kata PJ Gubernur Babel

TANJUNGPANDAN, babelaktual.com – Saat melakukan dialog dengan kelompok masyarakat Rabu Malam (3/8/2022), salah seorang pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bernama Kak Ros memberikan produk olahan miliknya yakni Sambal Kak Ros kepada Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Ridwan Djamaluddin.

Seraya menyerahkan produk miliknya, Kak Ros pun menceritakan beberapa hal yang masih menjadi kendala baginya sebagai pelaku UMKM di Pulau Belitung ini.

“UMKM Belitung ini punya produk enak-enak pak, tapi kita tidak berdaya saing. Kami minta campur tangan pemerintah terkait harga bahan pokok di Pulau Belitung yang cukup mahal. Produk sambal saya di Belitung saya jual Rp.30.000, di Jawa mungkin hanya Rp.15.000, jika di luar ke luar daerah tentu harga saya tidak bisa bersaing pak, belum ditambah ongkos kirim,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Dirinya menginginkan agar harga-harga bahan pokok di Pulau Belitung bisa sedikit lebih miring, sehingga ia bisa bersaing dengan harga produk-produk lain dari luar Pulau Belitung.

Menanggapi keluhan Kak Ros, Pj. Gubernur Ridwan mengakui bahwa saat ini harga kebutuhan pokok cenderung lebih mahal di Pulau Belitung. Hal ini disebabkan 80 persen kebutuhan pokok masih didatangkan dari luar Pulau Belitung. Untuk itu dirinya menyarankan agar masyarakat Pulau Belitung bisa memanfaatkan lahan kritis yang ada untuk bertanam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *