Pemprov Babel Bersama 15 Perguruan Tinggi Tandatangan MoU Untuk Beasiswa

PANGKALPINANG, babelaktual.com – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), melakukan Penandatanganan Kesepakatan Bersama dengan Perguruan Tinggi yang ada di Babel tentang Pendidikan, Penelitian dan Pengembangan serta Pengabdian kepada Masyarakat bertempat di Ruang Pasir Padi, Kantor Gubernur, Kamis (3/11/22).

Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Ridwan Djamaluddin mengatakan, adanya penandatangan kesepakatan bersama (MoU) untuk beasiswa dan kita pastikan secara manfaat nanti tepat sasaran, sempat tertahan kira-kira 2 bulan itu adalah memastikan supaya secara administratif sudah sesuai.

“Beasiswa yang tertahan kemarin hanya karena tertib administrasi saja. Namun tetap kita cairkan karena APK untuk Perguruan Tinggi (PT) di Babel paling rendah secara nasional hanya 15 persen lebih, terendah secara nasional no 31,” ujar Ridwan Djamaludin

Bacaan Lainnya

Menurut Ridwan, Pemprov Babel terus berupaya untuk berusaha keras agar dapat  memperbaiki itu, karena modal yang paling penting adalah peningkatan SDM di daerah.

“Jadi upaya kita nanti pendalaman apa akar masalahnya, merangkul anak-anak ini agar mau kuliah, yang saya khawatirkan karena kebiasaan mendapat uang mudah di Babel jadi alasan malasnya mereka melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi. Ini akan kita telusuri dan pelajari,” ungkapnya.

Sementara itu, Rektor UBB Ibrahim Bintang menyambut baik adanya penandatanganan kesepakatan bersama antara Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan Perguruan Tinggi yang ada di daerah.

“Ini yang pertama Pak Gubernur mengumpulkan semua pimpinan Perguruan Tinggi, sehingga kami mengapresiasi sekali, meski kita juga sadar bahwa PT bukan kewenangan Pemprov, namun kewenangan pemerintah pusat,” papar Rektor UBB Ibrahim

Lebih lanjut ia menuturkan, kesepakatan bersama ini memberi kejelasan akan bantuan biaya pendidikan yang akan diterima para mahasiswa baru hingga semester delapan, sehingga para mahasiswa dapat menyelesaikan pendidikannya di PT hingga akhir.

“Ini jadi momentum perubahan karena Pj Gubernur komit untuk meneruskan beasiswa ini dan kita sangat senang, mengingat angka partisipasi kasar (APK)  Perguruan tinggi di Babel masih rendah, namun dengan adanya pemberian beasiswa dapat sedikit menaikkan APK,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *