Peserta Peran Saka Nasional Tenggelamkan Terumbu Karang Berbentuk Pulau-pulau di Pantai Tongachi

BANGKA, babelaktual.com – Penenggelaman terumbu karang berbentuk pulau-pulau di Indonesia, sebagai upaya edukasi kepada masyarakat bahwa pentingnya menjaga ekosistem laut seperti karang, kegiatan ini dilakukan oleh para peserta Perkemahan Antar Satuan Karya Pramuka (Peran Saka) Nasional 2022, di kawasan Wisata Pantai Tongachi, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Sabtu (8/10/22)

Para peserta Peran Saka mengenakan pakaian adat daerahnya masing-masing, Mereka juga memasang bibit karang pada subsrat yang terbuat dari semen cor.

Oleh kakak-kakak pramuka, rumah ikan buatan yang berbentuk pulau-pulau ini lalu ditenggelamkan dan disusun di dalam air yang berjarak beberapa meter dari bibir pantai.

Bacaan Lainnya

“Transplantasi terumbu karang nusantara ini merupakan hal yang sangat bagus dan inspiratif, tentunya ini akan kami kembangkan di seluruh tanah air. Setelah adik-adik pramuka ini kembali ke daerahnya masing-masing bisa dikembangkan menanam kembali terumbu karang seperti ini,” ujar Waka Kwartir Pramuka Nasional, Hasto Pratisto.

Kegiatan Transplantasi terumbu karang nusantara tersebut, pertama kali dilakukan di Indonesia dan akan dilaksanakan secara berkelanjutan di seluruh provinsi oleh anggota pramuka.

banner 468x60 banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *