Silahturahmi Pengurus BKOW, Pj Ketua BKOW Sri Utami Bahas Masalah Perempuan dan Anak

PANGKALPINANG, babelaktual.com – Guna tetap menjaga silaturahmi antar anggota Badan Kerja sama Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Prov. Kep. Babel) yang terdiri dari pengurus DWP, IAD, Persit, Bhayangkari, PIA, Jalasena, dan lainnya, maka diadakanlah pertemuan dan rapat rutin bulanan bertempat di Gedung Mahligai Rumah Dinas Gubernur, Kamis (17/11/2022).

Agar tak menjadi sekedar pertemuan, dalam acara ini pun terdapat sesi materi yang berkaitan dengan perempuan dan anak, yang diisi oleh Penjabat (Pj) Ketua Badan Kerja sama Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Prov. Kep. Babel). Sri Utami Soedarsono Djamaluddin dan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Administrasi Kependudukan Pencatatan Sipil dan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DP3ACSKB) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Asyraf Suryadin.

Pj. Ketua BKOW Sri Utami menjelaskan, dari 270 juta manusia di Indonesia, 49,5 persennya adalah perempuan. Kep. Babel sendiri memiliki jumlah penduduk sebanyak 1.472.427 jiwa, di mana 31,1 persennya adalah anak-anak atau sekitar 457.821 jiwa.

Bacaan Lainnya

“Saya melihat bagaimana perempuan-perempuan yang ada di Indonesia punya masalah yang berat, di mana dia sebagai ibu juga kadang-kadang harus menyokong keluarganya. Nah masalah yang paling terasa adalah KDRT (Kekerasan dalam rumah tangga), kemudian juga perceraian, hingga anak yang terlahir stunting,” ujarnya.

Menurutnya, perkawinan di bawah usia 19 tahun atau dapat dikatakan sebagai perkawinan usia anak, hal tersebut menyebabkan terjadinya perceraian pernikahan di usia anak, dan yang menjadi korban adalah perempuannya.

“Faktor kurangnya kesadaran kesehatan maupun kurangnya edukasi, menyebabkan anak-anak jadi tidak diasuh dengan baik, sehingga anak-anak lahir tidak normal dan terjadi stunting,” ungkapnya.

banner 468x60 banner 468x60 banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *