Anak Obesitas Lebih Rentan Jika Terinfeksi Virus DBD

Foto Ilustrasi Anak Obesitas

Babelaktual.com – Sebagai orang tua kita harus waspada terhadap sebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang sering mengenai anak-anak. Terlebih kepada anak yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas.

Ketua Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Dr Piprim Basarah Yanuarso, SpA(K)., menuturkan, bahwa anak obesitas rentan mengalami kondisi fatal bila terinfeksi virus DBD.

Bacaan Lainnya

“Jadi, anak-anak dengan obesitas kalau kena DBD fatal, cukup berat gejalanya. Kalau gabungan antara penyakit tidak menular dalam hal ini obesitas atau sindrom metabolik, tertular demam berdarah dengue ini adalah kombinasi cukup fatal,” jelas dokter Piprim saat media briefing virtual Kamis (26/1/23).

Kondisi seperti itu mirip dengan bila anak memiliki berat badan berlebih terinfeksi Covid-19 juga akan bergejala berat, lanjut dokter Pimprim.

Dijelaskan pula oleh Anggota Unit Kerja Koordinasi (UKK) Infeksi dan Penyakit Infeksi Tropik IDAI dr. Mulya Rahma Karyanti, Sp.A(K).,IBCLC., bahwa anak yang obesitas memang memiliki respon imun yang tinggi.

Sehingga saat tubuhnya terinfeksi virus apa pun, termasuk dengue, akan terjadi reaksi imunologi yang menyebabkan reaksi zat radang meningkat berlebihan.

banner 468x60 banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *