Ini 5 Gejala Stroke Yang Harus Kita Ketahui

Foto Ilustrasi Gejala Stroke

Babelaktual.com – Penyakit kronis dan berat seharusnya jadi hal yang diperhatikan semua orang, termasuk Stroke. Apa saja gejala Stroke yang perlu kita waspadai?

Menjaga pola hidup sehat, mengelola tingkat stres, hingga memiliki pikiran yang tenang, bisa menjauhkan Anda dari berbagai risiko penyakit, seperti salah satunya stroke. Jelas mengenali gejala stroke sangat direkomendasikan, agar Anda bisa melakukan deteksi dini dan penanganan cepat.

Bacaan Lainnya

Pencarian informasi mengenai gejala stroke sendiri sebenarnya cukup mudah dilakukan, sebab kini tidak sedikit rumah sakit yang memiliki website resmi, dan menyampaikan informasi terkini mengenai kesehatan.

Gejala Stroke

Dilansir dari sardjito.co.id, beberapa gejala stroke bisa dikenali dengan cukup mudah. Sedikitnya ada lima gejala umum yang muncul pada fase awal terjadinya stroke. Kelimanya adalah:
Senyum yang tidak simetris
Gerak separuh anggota tubuh yang melemah secara tiba-tiba
Bicara pelo atau tiba-tiba tidak dapat bicara atau tidak mengerti kata-kata
Kebas atau baal
Rabun
Sakit kepala hebat yang muncul secara tiba-tiba
Ketika beberapa gejala ini muncul, maka bisa jadi indikasi seseorang terkena stroke di fase awal. Dengan mengenali gejala awal ini, Anda bisa segera mendatangi fasilitas kesehatan terdekat dan berkonsultasi dengan dokter kepercayaan Anda, sehingga penanganan cepat bisa diberikan.

Lalu apa yang harus dilakukan?

Ketika gejala stroke muncul dan mulai terasa, langkah terbaik adalah dengan mengunjungi dokter dan melakukan konsultasi pada dokter.

Dokter kemudian akan melakukan pemeriksaan, dan memberikan hal-hal yang sebaiknya dilakukan. Jika diperlukan pengobatan, dokter juga akan mengungkapkannya.

Namun demikian untuk langkah mencegah stroke sebenarnya Anda bisa melakukan langkah yang cenderung sederhana.

Menjaga tekanan darah agar tetap normal dengan menjaga pola aktivitas, mengendalikan pikiran, dan pola konsumsi yang sehat

Tidak merokok atau mengkonsumsi minuman beralkohol

Selalu menjaga berat badan ideal setiap saat

Melakukan olahraga secara rutin agar tubuh tetap kuat dan fisik bugar

Menjalani pemeriksaan rutin untuk kondisi medis yang Anda miliki, misalkan kondisi diabetes dan hipertensi yang bisa menjadi hal lain yang juga harus diwaspadai

Pengenalan pada gejala stroke idealnya dilakukan oleh semua orang. Hal ini karena stroke sekarang tidak lagi secara spesifik menjadi penyakit orang yang sudah berumur saja.

Namun risikonya juga sudah merambah ke usia yang lebih muda. Maka penting untuk generasi muda selalu melek pada kondisi tubuhnya, dengan melakukan pemeriksaan rutin.

Itu tadi beberapa gejala stroke yang bisa diungkapkan dalam artikel ini. Selalu jaga kesehatan Anda, dan pastikan berkonsultasi dengan dokter saat gejala tersebut mulai muncul.

Sumber : suara

banner 468x60 banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *