Pj Gubernur Klarifikasi Pemberitaan Gratis Menambang: Jangan Salah Artikan Pernyataan Saya

PANGKALPINANG, babelaktual.com – Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Suganda Pandapotan Pasaribu, mengklarifikasi kabar yang diberitakan media-media berkenaan dengan strategi pengelolaan manajemen pertambangan timah yang ada di Babel.

Dalam berita itu disebutkan jika dirinya akan menggratiskan pertambangan timah. Ia menilai banyak orang menyalahartikan tentang wacana penggratisan pertambangan itu. Ia menegaskan, hal tersebut bukan berarti membuka kesempatan seluas-luasnya bagi masyarakat untuk menambang.

“Izin usaha tambang secara gratis bukan berarti bisa seenaknya saja menambang. Ada aturan, batasan, dan persyaratan yang harus dipenuhi untuk memulai usaha menambang” katanya.

Bacaan Lainnya

Gratis yang dimaksudkan oleh Pj Gubernur Suganda ialah berkenaan dengan pelayanan publik untuk pengurusan izin, laiknya pengurusan surat-menyurat.

Sesuai amanat Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian yang menyinggung soal pertambangan, Pj Gubernur Suganda menyiapkan strategi dan formula agar timah yang merupakan berkah ini dapat dimanfaatkan, dan digunakan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat.

Salah satunya adalah dengan melegalkan usaha pertambangan timah. Syaratnya jelas, asalkan sesuai dengan aturan dan mengikat, serta tentu saja pro kepada kelestarian lingkungan. Hal itu dimaksudkan agar pemerintah dapat mengontrol usaha pertambangan ini.

Kembali disebutkan Pj Gubernur Suganda, legalitas yang dimaksud agar masyarakat bisa menambang dengan baik, dan mengikuti regulasi yang ada. Dengan mendapatkan izin, tentu saja seseorang sudah memiliki kejelasan akan lingkungan hidup, perlindungan, serta tak lupa akan kontribusinya, baik kepada daerah maupun negara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *