Ingin Majukan Koperasi di Babel, Ranto Sendhu Ajak Komisi II Ke DEKOPIN

JAKARTA, babelaktual.com – Bersama Dinas Koperasi dan UKM Bangka Belitung, Ranto Sendhu selaku Wakil Ketua Komisi II serta beberapa anggota yang terdiri dari : Dody Kusdian, Tony Purnama, Harianto dan Edy Foe melakukan koordinasi ke LSP Dewan Koperasi Indonesia.

Kunjungan di Jumat pagi (24/02/23) diterima oleh Wakil Ketua Umum Dekopin, Ketua LSP dan para Assesor Koperasi, disampaikan bahwa tujuan dari Dekopin sendiri adalah mengembalikan koperasi di Indonesia ke sistem korporasi organisasi. Karena fakta di lapangan, cukup banyak koperasi yang dijalankan tidak secara korporasi.

Mengawali diskusi, Ranto dari Fraksi Demokrat  uraikan perkembangan koperasi di Babel hingga saat ini yaitu terdapat 735 Koperasi Aktif, 217 unit koperasi RAT dan 363 Koperasi yang memiliki sertifikat NIK.

Bacaan Lainnya

“Adapun koperasi yang menjadi binaan provinsi sebanyak 102 dan untuk binaan nasional sebanyak 21 koperasi, tujuan kami kesini, ingin memajukan koperasi yang ada di Babel. Harus diakui, saat ini yang ada dibenak masyarakat kebanyakan koperasi hanya sebatas tempat simpan pinjam, inilah yang harus  kita ubah dan lakukan edukasi bersama,” ujar Ranto Sendhu.

Kadis Koperasi dan UKM Babel Yulizar Adnan menambahkan, keterbatasan SDM akan menjadi perhatian kami dan akan dilakukan sertifikasi kompetensi. Ini salah satu dasar kami merasa perlu dilakukan koordinasi ke Dekopin bersama komisi II DPRD Babel.

Sementara itu anggota Komisi II Harianto menyampaikan, dengan kondisi Babel yang cukup banyak masyarakat beraktivitas sebagai penambang timah. Apakah memungkinkan untuk dibentuk koperasi sebagai wadah organisasi bagi mereka, sehingga pasca tambang pun mereka tetap bisa kita perhatikan kesejahteraan ekonominya.

Waketum Dekopin antusias untuk bisa konsen dan menindaklanjuti hal ini bersama Komisi II dan Dinas Koperasi. Kedepan, harapan kami di Babel bisa ada koperasi yang bisa kita jadikan percontohan tingkat nasional.

Sepakat dengan Ranto Sendhu, anggota lainnya Tony Purnama dan Dody Kusdian ingin bersama wujudkan. Karena harus kita kembalikan ke tujuan seharusnya yakni Koperasi bertujuan meningkatkan perekonomian rakyat.

Sumber : DPRD Babel

banner 468x60 banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *